Revitalisasi Layanan Regident, Kakorlantas: Digitalisasi untuk Kemudahan Masyarakat
- account_circle Redaksi
- calendar_month Sel, 21 Okt 2025
- visibility 6
- comment 0 komentar

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum.,
Jakarta, Aspirasi.co.id – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum., menegaskan komitmen kuat Korlantas Polri dalam mempercepat transformasi digital di seluruh lini pelayanan publik.
Pesan itu disampaikan dalam Rapat Revitalisasi Inovasi Pelayanan Publik Ditregident Korlantas Polri yang digelar di Jakarta.
“Revitalisasi pelayanan publik di bidang Regident bukan sekadar pembaruan sistem, tapi lompatan menuju era digital. Mulai dari sistem pelayanan, aplikasi SIGNAL, hingga pembayaran pajak kendaraan—semuanya harus mudah diakses masyarakat,” ujar Irjen Pol Agus, Senin (20/10/2025).
Ia menegaskan bahwa transformasi digital akan menyentuh layanan utama seperti SIM, STNK, dan BPKB, dengan harapan masyarakat dapat menikmati pelayanan yang lebih cepat, praktis, dan efisien.
“Aplikasi SINAR untuk pembuatan SIM, SIGNAL untuk pembayaran pajak, hingga E-BPKB dan sistem ERI merupakan bukti nyata bahwa Korlantas terus berinovasi. Pembuatan SIM tetap menjunjung kompetensi, namun prosesnya harus mudah dan transparan,” jelasnya.
Kakorlantas menambahkan, sistem digitalisasi yang telah diresmikan Kapolri menjadi pedoman bagi Korlantas untuk berlari lebih cepat dalam memberikan pelayanan prima.
“Program digitalisasi ini sudah diresmikan oleh Bapak Kapolri. Kini, Korlantas bergerak cepat memperkuat revitalisasi di berbagai sektor pelayanan publik mulai dari SIM, STNK, hingga BPKB,” tegasnya.
Menurut Irjen Pol Agus, digitalisasi bukan sekadar tren, tetapi kebutuhan mendesak agar masyarakat benar-benar merasakan pelayanan publik yang adaptif dan responsif.
“Revitalisasi digital adalah prioritas utama. Masyarakat harus bisa mengakses layanan dengan mudah, cepat, dan tanpa hambatan. Itu inti dari pelayanan publik modern,” katanya.
Tak lupa, Kakorlantas mengajak media turut berperan aktif dalam menyebarluaskan inovasi layanan digital Polri.
“Kami berharap media ikut membantu mengedukasi masyarakat baik dalam pembayaran pajak kendaraan melalui SIGNAL, maupun pembuatan SIM lewat SINAR. Semakin banyak yang tahu, semakin cepat transformasi ini dirasakan,” pungkasnya.
- Penulis: Redaksi
Saat ini belum ada komentar